Monday, April 16, 2012

Sedikit Belajar Menghadapi Ujian Nasional

Baca Juga:

Metode belajar klasik yang umum diterapkan siswa-siswi saat ini mempergunakan Metode SKS (Sistem Kebut Semalam). Sebetulnya hal tersebut sangat tidak efektif, terlebih mempergunakan metode SKS untuk persiapan menempuh Ujian Nasional.

Sebuah istilah dari seorang guru senior, Banyak Belajar Banyak Lupa, Sedikit belajar Sedikit Lupa. Tidak Belajar Tidak ada yang terlupakan. Jika ditafsirkan secara mentah, ungkapan tersebut seakan konyol.

Benarkah istilah tersebut konyol? Mari kita mencoba memahaminya.

Banyak Belajar Banyak Lupa. Metode SKS menuntut kita untuk menyelesaikan banyak materi dalam waktu yang singkat, apalagi SKS tersebut diterjemahkan dalam arti Sistem Kebut Semalam. Pelajaran yang akan diujikan esok hari harus kita pelajari dalam waktu kurang dari 12 jam (satu malam). Dengan metode tersebut otak kita akan diforsir untuk mengingat berbagai hal yang kita pelajari. Otak kita tentu memiliki batas maksimal, jika dipaksakan otak akan terasa lelah, berakibat pada lemahnya fisik. Fisik yang lemah akan mengakibatkan kemampuan berpikir sangat menurun. Apa yang telah kita pelajari akan hilang begitu saja.

Sedikit Belajar Sedikit Lupa. Sedikit belajar, sedikit yang kita ingat, otakpun tidak terlalu berat bekerja, badan akan terasa lebih enteng jika tidak dipaksa bekerja. Meskipun sedikit yang kita pelajari, yang sedikit akan lengket dan melekat pada ingatan. Mudah diterapkan dalam bentuk tulisan ataupun mempraktekkan sesuatu yang kita pelajari.

Tidak Belajar Tidak Lupa. Otak kita tidak pernah diajak untuk bekerja, badan yang tidak pernah bergerak akan mengakibatkan lemah dan lemas, begitu pula dengan otak kita. Jika tidak pernah kita ajak berpikir untuk belajar, tentu tidak satupun yang dapat kita ingat, jangan-jangan kita juga lupa bahwa kita sedang lupa.

Sedikit belajar sedikit lupa. Mungkin ini yang lebih pantas. Sesuatu yang kita pelajari di cicil sedikit demi sedikit, sehingga tidak terlalu banyak yang kita pelajari dan tidak terlalu banyak yang kita lupakan. Sedikit demi sedikit kita belajar, yang akan terlupakan juga tidak terlalu banyak.

Seharusnya menghadapi Ujian Nasional bukan belajar pada malam hari, tapi belajar jauh sebelumnya, menyicil pelajaran sedikit demi sedikit.

Diposkan: Pada Monday, April 16, 2012 On Category | Artikel dapat ditemukan di google Search
Comments
0 Comments

Post a Comment