Monday, September 17, 2012

Analogy Straight Cable Local Area Network

Baca Juga:

Straight CableAlhamdulillah, setelah sekian lama tidak memberikan tambahn informasi, akhirnya hari ini dapat menulis kembali. Semoga dapat menambah wawasan kita.

Penulis mencoba memberikan analogy tentang Straight Cable atau kabel lurus dalam perancangan Local Area Network. Perhatikan gambar berikut yang merupakan susunan kabel pada Pin Conector RG 45 yang biasa dipergunakan dan merupakan standar pengkabelan.
Metode Pengkabelan Straight
Kalau kita perhatikan dari 8 pin yang saling terhubung, pada dasarnya hanya 4 kabel yang difungsikan pada jaringan komputer, yaitu Putih Oranye, Oranye, Putih Hijau, Hijau.

Berdasarkan Sumber, 4 kabel tersebut memiliki fungsi seperti tabel berikut:
Warna KabelFungsi Transformasi Data
Putih OrangeTransfer data Positif (+)
OrangeTransfer Data Negatif (-)
Putih HijauReceived Data Positif (+)
HijauReceived Data Negatif (-)
Pada intinya kabel yang dipergunakan adalah untuk mengirim dan menerima data pada sebuah komputer dari jaringan komputer. Pada kabel straight, transfer data dengan muatan positif dihubungkan dengan transfer data bermuatan positif pula. Mungkin ada pemikiran apakah tidak akan terjadi tabrakan data jika komputer A mengirimkan sinnyal transfer dan diterima pada bagian received data pada komputer distination (Tujuan).

Perlu diingat, straight cable dipergunakan untuk menghubungkan Hub to Hub, bukan PC to PC seperti pada peer to peer network. Sehingga tidak akan ada tabrakan data, hal tersebut dikarenakan sebelum data dikirim pada destination yang diinginkan, hub atau perangkat sejenis terlebih dahulu analisa data, dari mana data tersebut berasal dan kemana tujuan data tersebut. Perangkat akan memilih jalur data yang tepat. Perlu diingat pula bahwa PC to Hub mempergunakan kabel cross. Semoga ada ijin-Nya untuk menulis tentang analogy cross cable.

Diposkan: Pada Monday, September 17, 2012 On Category , | Artikel dapat ditemukan di google Search
Comments
0 Comments

Post a Comment