Saturday, September 22, 2012

PAIKEM | Pembelajaran Luar Kelas Berkarakter Cinta Lingkungan

Baca Juga:

Penerapan Metode Pembelajaran yang baik adalah sebuah metode yang dapat memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan berdasarkan standar kompetensi. Pencapaian suatu kompetensi membutuhkan proses pembelajaran yang dapat menumbuhkan semangat belajar dan menimbulkan kreatifitas siswa yang tinggi. Untuk itu diperlukan kreatifitas Guru untuk menyampaikan materi yang lebih mudah dipahami siswa.

Secara umum, siswa akan lebih mudah memahami pembelajaran serta materi yang disampaikan apabila ada rasa senang atau menyukai materi yang mereka terima dalam proses pembelajaran. Kesenangan siswa terhadap materi yang disampaikan akan menimbulkan interaksi yang semakin meluas dan pengembangan materi yang lebih baik antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru, atau guru dengan siswa.

Guru hanya bersifat pengarah dan pengendali proses pembelajaran agar tidak terlalu menyimpang jauh dari topik pembicaraan dan kompetensi yang hendak dicapai.

Perkembangan Teknologi, dapat memberikan metode pembelajaran yang menyenangkan dengan pembelajaran online, atau penampilan slide-slide pembelajaran yang sekaligus memberikan hiburan bagi para siswa. Suasana kelas yang hangat akan memberikan emosi dan imajinasi yang lebih baik dan akan memudahkan guru untuk mengarahkan siswa dalam berpikir. Hal ini karena memang emosi dan imajinasi siswa terhadap sebuah materi sudah terpancing dengan sesuatu yang menyenangkan.

PAIKEM, Pembelajaran Aktif Interanktif, Komunikatif Edukatif Menyenangkan atau terserah dari yang ingin menafsirkan atau mendefinisikan metode pembelajaran yang sepertinya saat ini menjadi metode pembelajaran yang dianggap paling efisien, pembelajaran luar kelas sebagai salah satu contoh penerapan PAIKEM.

SMK Negeri 1 Pakong sebagai salah satu lembaga pendidikan pemerintah, di dukung dengan tenaga pengajar yang energik serta memiliki kreatifitas tinggi, terlihat dalam suasana pembelajaran yang menyenangkan dengan metode pembelajaran luar kelas
Pembelajaran Luar Kelas
Di dukung dengan lingkungan yang kondusif, rindang dan sejuk. Pembelajaran Luar Kelas memberikan kesegaran bagi para siswa dan memiliki semangat yang lebih baik. Melalui refresh otak melalui hembusan angin yang sejuk.
Pembelajaran Luar Kelas
Pembelajaran Luar Kelas bukan sekedar menumbuhkan dan memancing emosi serta imajinasi belajar siswa, Pembelajaran Luar Kelas sebagai penerapan nilai karakter cinta lingkungan.

Mohon Maaf atas segala kekeliruan, artikel ini dipublikasikan berdasarkan pengamatan lingkungan sekolah tanpa pengetahuan tentang metode pembelajaran. Penulis hanyalah tenaga administrasi yang kurang pengalaman, mohon koreksi atas segala kekurangan.

Diposkan: Pada Saturday, September 22, 2012 On Category | Artikel dapat ditemukan di google Search
Comments
0 Comments

Post a Comment