Thursday, July 4, 2013

Bukan Bermaksud Menelanjangi Anda

Baca Juga:

Dalam kehidupan manusia kesalahan, kekeliruan dan kealpaan seakan merupakan takdir dan kodrat yang tidak dapat dihindari dalam setiap langkah kehidupan dimana terdapat kebenaran yang juga akan dilewati dalam mengarungi bahtera kehidupan dunia.

Kesadaran hati, kemurnian jiwa, serta ketulusan dan keseriusan berpikir yang dapat mengarahkan kita pada jalan yang lebih baik menuju kebenaran yang seharusnya. Keterbukaan dan keterusterangan merupakan sesuatu yang menjadi syarat terbukanya jalan menuju kebenaran. Jika ada sesuatu yang kurang berkenan di hati orang lain, dan terlebih lagi sesuatu yang kurang berkenan tersebut menyangkut mayoritas, maka kita akan masuk pada golongan minoritas yang akan selalu merasa terasingkan.

Bukan pengasingan yang menjadikan kita sebagai manusia terasing, melainkan diri kita sendiri yang dapat menyebabkan kita terasing, terasa jauh dari kehidupan, dijauhi dari orang lain. Keterbukaan dan transparasi diperlukan bukan berarti kita harus menelanjangi diri kita secara utuh. Pengakuan dan penjelasan yang dibutuhkan, dari mana, kemana danuntuk apa penjelasan itu harus diberikan demi menenangkan orang lain. Dalam artian kejujuran mungkin sebagai landasan utama dan tidak memporak porandakan pola berpikir orang lain yang merasa tertindas karena keangkuhan serta perbuatan kita yang merupakan sesuatu hal keliru dan tidak seharusnya dilakukan.

Adanya sebuah pergerakan bukan berarti sebuah penentangan terhadap diri kita. Kedewasaan diperlukan menyikapi hal tersebut, menganggap sebagai sebuah bimbingan untuk meluruskan Sesuatu yang terasa sudah berjalan keluar dari jalur yang sesungguhnya. Api akan sangat panas untuk meluruskan besi yang bengkok untuk dijadikan bahan bangunan yang kokoh. Jangan salahkan api jika begitu panas membara untuk meluruskan besi, karena terkadang panas dibutuhkan untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik.

Gerakan bukan merupakan perlawanan dengan tujuan penghancuran, gerakan ibaratkan api yang memanaskan besi untuk terciptanya besi yang lurus dan lebih bermanfaat dibandingkan besi yang tidak berbentuk dan tidak dapat dimanfaatkan menjadi rongsokan yang memiliki harga murah, bahkan sangat jarang dilirik orang.

Bukan penentangan, bukan perlawanan, bukan juga pula berniat menelanjangi dan mempermalukan orang lain, sekedar bara api yang diarahkan untuk meluruskan lempeng besi yang terlihat membengkok. Biarkan bara api itu lebih bermanfaat meluruskan besi dan menjadikannya lebih bermanfaat dan lebih mudah dibentuk dari pada panas bara api itu menjadi ancaman yang dapat membakar lingkungan dan membahayakan kita semua.

Diposkan: Pada Thursday, July 04, 2013 On Category | Artikel dapat ditemukan di google Search
Comments
0 Comments

Post a Comment