Saturday, December 28, 2013

Mengenal Spesifikasi Hardware Sebuah Komputer

Baca Juga:

Setiap perangkat memiliki spesifikasi tersendiri baik merek, kapasitas maupun kemampuan. Begitu pula dengan sebuah Komputer. Masih ingat dengan definisi Komputer? Computer berasal dari bahasa Yunani yaitu to compute yang berarti menjumlahkan. Kalau di definisikan secara lengkap computer berarti perangkat elektronik yang berfungsi untuk menjumlah.

Seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi, computer bukan lagi sekedar berfungsi sebagai alat untuk menjumlah, namun dapat dipergunakan dengan fungsi multi komplek seperti olah kata, olah gambar (graphic), audio editing, video editing, dan juga dapat difungsikan sebagai media hiburan. Semakin komplek saja penggunaan computer. Bahkan kemampuan computer juga semakin meningkat. Jika beberapa tahun lalu computer hanya mampu menangani satu program dalam waktu yang bersamaan, saat ini dengan spesifikasi hardware yang semakin meningkat, computer sudah dapat menangani beberapa program sekaligus dalam waktu yang bersamaan atau yang dikenal dengan istilah multitasking.

Dengan kemampuan multitasking, kita dapat mengetik artikel atau membuat makalah sambil mendengarkan music pilihan mempergunakan audio media player yang terinstall, bahkan kita juga dapat sambil mendengarkan radio online dalam waktu yang bersamaan. Kemampuan multi tasking yang meningkat, di dukung dengan kemampuan hardware yang semakin baik untuk dapat menangani beberapa program bersamaan.

Multitasking sebenarnya bukan sebuah proses yang terjadi secara bersama, namun dilakukan secara berurutan. Namun kemampuan dan kapasitas hardware yang semakin bagus, kegiatan proses tersebut seakan berlangsung bersamaan tanpa jeda.

Kembali pada topic permasalahan, bagaimana mengenali spesifikasi hardware sebuah computer. Misalkan kita akan membeli sebuah computer milik teman, tentu agar tidak membeli kucing dalam karung kita harus mengetahui spesifikasi dari hardware computer tersebut.

System Properties
Melalui jendela ini kita dapat mengetahui sistem operasi yang terinstall, kapasitas processor, dan kapasitas RAM yang terpasang. Klik kanan icon My Computer --> Properties, perhatikan gambar berikut
System Properties

Computer Management
Melalui windows ini kita dapat mengetahui hardware lain seperti display adapter, disk drive, keyboard, Network adapter dan perangkat lainnya, serta kita juga mengatur/memanagement perangkat tersebut.
Computer Management

Demikian ulasan sederhana ini, semoga dapat memberikan manfaat.

Diposkan: Pada Saturday, December 28, 2013 On Category , | Artikel dapat ditemukan di google Search
Comments
0 Comments

Post a Comment