Sunday, January 5, 2014

Hasil Perintah Ping Tes Koneksi Jaringan Melalui Command Prompt

Baca Juga:

Pada artikel sebelumnya sedikit dibahas tentang bagaimana melakukan tes koneksi jaringan dengan perintah ping melalui command prompt. Pada artikel tersebut sedikit diulas bagaimana mempergunakan command prompt untuk melakukan pengujian koneksi jaringan dengan hasil seperti yang diinginkan, yaitu adanya pesan Reply From …….. : bytes=31 time=1ms TTL=120, yang menandakan proses pengujian berhasil dan computer sudah terhubung dengan jaringan computer dengan adanya respons atau reply dari ip address yang diping.

Namun ada beberapa kasus yang tidak menampilkan reply setelah kita melakukan perintah ping. Beberapa kasus atau pesan yang disampaikan dari perintah ping antara lain;
  • Replly From
  • Request timed out
  • Destination host unreachable, dan
  • TTL Expired in Transit
Untuk memahami istilah yang dimaksudkan pada poin-poin diatas, mari kita pelajari satu persatu dan secara bertahap. Namun sebelumnya jika ada kekeliruan, mohon koreksi bersama dengan mendapatkan lebih banyak referensi berhubung penulis bukan seorang guru yang professional dan berkompetensi. Semoga dapat membantu untuk memberikan pemahaman tentang jaringan computer, khususnya bagi siswa-siwi SMK Negeri 1 Pakong.

Reply Form. Pada artikel terdahulu tentang Mengenal Perintah Ping Untuk Tes Koneksi Jaringan sudah diberikan contoh gambar, dan menandakan jika pengujian berhasil adanya reply dari host tujuan. Misalkan hasil ping diperoleh Reply from 127.0.0.0; bytes=32  time=1ms TTL=120. Maksudnya kurang lebih seperti berikut. Jawaban dari IP address 127.0.0.1 (localhost) dengan data transfer sebesar 32 bytes kurang dari 1ms, Time To Live (TTL) selama 120 second (detik).

Request Timed Out. Jika boleh saya menterjemahkan secara kasar, request time out berarti permintaan berakhir, atau gagal.Hal ini bisa disebabkan karena IP address dari NIC yang dipergunakan pada localhost tidak berfungsi, atau belum terdeteksi. Setiap data yang dikirim dan diterima akan melalui NIC dengan alamat unik yang dimiliki NIC, jika alamat unik tersebut tidak terdeteksi atau belum memiliki IP address, maka permintaan akan berakhir. Pemahaman secara singkat bahwa komputer tidak dapat terhubung dengan jaringan, hal ini dapat disebabkan dari berbagai faktor.

Destination Host Unreachable. Host tujuan tidak berhasil ditemukan, dalam artian host komputer kita tidak dapat menjangkau host tujuan.

TTL Expired in Transit. Pada jaringan komputer, data yang dikirim ataupun diterima memiliki TTL (Time To Live) atau waktu yang ditentukan oleh jaringan untuk tetap berada pada sebuah jaringan. Jika kita melakukan perintah ping sebuah IP address dan keluar hasil TTL Expired in Transit menandakan paket data melebihi waktu yang telah ditentukan. Data yang dikirim tidak sampai pada tujuan, namun berputar hingga masa tenggang keberadaan pada jaringan habis sebelum mencapai tujuan.

Demikian ulasan singkat tentang hasil yang mungkin kita temukan dalam pengujian jaringan komputer dengan perintah ping melalui command prompt. Semoga dapat memberikan manfaat untuk menambah pengetahuan seputar jaringan komputer, khususnya pengujian koneksi. Jika ada kekurangan harap maklum atas keterbatasan penulis dalam memberikan artikel yang bermanfaat.

Diposkan: Pada Sunday, January 05, 2014 On Category , | Artikel dapat ditemukan di google Search
Comments
1 Comments

Post a Comment