Sunday, January 19, 2014

Melakukan Pengaturan Penomoran Halaman Pada Dokumen Word

Baca Juga:

Microsof Office Word merupakan salah satu aplikasi oleh kata yang populer dan banyak dipergunakan untuk menyusun laporan ataupun untuk kegiatan tulis menulis yang lain. Memang cukup banyak fitur dan kemudahan yang di dapat dari aplikasi olah kata yang dikeluarkan oleh Microsoft ini, dan terdapat banyak add-ins yang dapat dipergunakan untuk mempermudah seperti add-ins save as pdf sehingga dokumen yang tersimpan dalam bentuk file pdf yang lebih memudahkan kita untuk berbagi dan share dokumen.

Pada kesempatan ini sedikit akan dibahas tentang teknik penomoran halaman (Page Number). Dari sekian banyak pengguna aplikasi berbayar ini sekedar bisa namun kurang memahami fungsi dari menu yang terdapat pada aplikasi MS. Word. Seperti kasus yang saya temui adalah pemberian nomor halaman pada laporan tugas akhir. Penomoran halaman yang berbeda pada setiap halaman terkadang menjadi sedikit masalah, sehingga dokumen debedakan dalam beberapa dokumen. Misalnya untuk halaman cover sampai daftar isi dalam satu dokumen dengan penomoron halaman mempergunakan number format (i, ii, ii, .. dst), sementara untuk per bab mempergunakan format number (1, 2, 3 ... dst) dengan posisi berbeda. Pada awal halaman bab terletak pada footer, sementara selanjutnya page number terletak pada sisi kanan atas header.

Sebetulnya hal tersebut dapat dipermudah dengan menjadikan semua file dari halaman depan sampai kesimpulan dalam satu dokumen dengan penomoran halaman yang dapat disesuaikan dengan fasilitas yang dimiliki oleh Microsoft Office Word. Pada kesempatan ini saya akan mencoba sedikit menulis tentang pengaturan penomoran halaman, yang tentu saja ada keterkaitan dengan mata Pelajaran KKPI dan semoga dapat membantu dalam penyusunan Laporan dan Tugas Sekolah.

Langsung kita praktek dengan sedikit gambar
  1. Klik menu Insert --> selanjutnya pada menu ribbon pilih Pilih page number --> Bottom Of page seperti gambar berikut:
    Melakukan Pengaturan Halaman Pada Dokumen Word
  2. Masih pada menu insert dengan mengaktifkan footer yang sudah terisi page number, klik sub menu page number --> pilih format page number untuk merubah format number menjadi (i, ii, iii, .. dst)
  3. Untuk menghilangkan penomoran halaman pada halaman pertama, sehingga (i) tidak tampil, maka klik (ceklist) Different first page (*   ?  seperti tampak pada gambar beikut
    Melakukan Pengaturan Halaman Pada Dokumen Word
  4. Perhatikan pada halaman berikutnya, apakah keluar (ii, dst)?
Sesi pertama penomoran halaman sudah selesai. Bagaimana untuk melanjutkan dengan penomoran berbeda mempergunakan format (1, 2, 3, dst) dan posisi awal pada footer dan seterusnya pada header.
  • Langkah pertama adalah melakukan pengaturan halaman (Page Setup), hal ini untuk membedakan masing-masing sesi pada setiap sesi halaman. Seperti biasa melalui menu page setup, jangan merubah margin dan segala macam. cukup pilih apply to This Point Forword (**   ? 
  • Akan masuk pada halaman baru, insert page number dengan format number menjadi (1, 2, 3, ... dst), page number start at (1) untuk memulai dari halaman 1.
  • Selanjutnya masuk pada halaman berikutnya (2). Pada halaman tersebut sudah terdapat page number pada posisi footer. Lakukan ulang insert page number pada posisi header dengan posisi yang sesuai.
  • Hapus page number pada footer halaman kedua.
Untuk melanjutkan pada sesi berikutnya, contoh untuk format penomoran BAB selanjutnya misal, lakukan pengaturan halaman dan apply to this point forward. Penomoran akan berulang dari halaman satu, hal ini perlu melakukan perubahan pada page numbering, continue form pervious section (***   ?  .

__________________________________________________________________________
Keterangan
(* :Different First Page. Member tanda ini untuk memberikan efek berbeda pada halaman pertama
(** :Pengaturan halaman di aplikasikan untuk halaman dimaksud dan seterusnya
(*** :Melanjutkan penomoran halaman dari penomoran halaman sebelumnya.

Diposkan: Pada Sunday, January 19, 2014 On Category | Artikel dapat ditemukan di google Search
Comments
0 Comments

Post a Comment