Wednesday, February 5, 2014

Cara Memilih Perguruan Tinggi Yang Baik dan Benar

Baca Juga:

Cara Memilih Perguruan Tinggi Yang Baik dan BenarPendidikan Tinggi saat ini dapat dikatakan sebagai salah satu kebutuhan manusia. Untuk mewujudkan cita-cita serta keinginan mereka yang masih dalam masa belajar, Pemerintah memberikan bantuan khusus bagi mahasiswa untuk mendapatkan pendidikan tinggi melalui program bidikmisi. Hal tersebut untuk menfasilitasi siswa yang memiliki kemampuan akademik yang baik namun terkendala dengan keterbatasan biaya untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Tahun ini, 110 Siswa SMK Negeri 1 Pakong (belum termasuk siswa kelas jauh), akan menyelesaikan pendidikan tingkat SLTA di SMKN 1 Pakong. Dari sebagian siswa mungkin akan melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi, baik dari jalur mandiri maupun melalui program bidikmisi. Bagi siswa yang akan melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi, sepertinya tips berikut dapat dijadikan acuan untuk menentukan perguruan tinggi yang tepat, sehingga tidak ada kata salah jurusan nantinya.

Tips Cara Memilih Perguruan Tinggi Yang Baik dan Benar
  1. Pilih program Studi yang sesuai dengan cita-cita, Bakat dan minat. Apa cita-cita yang ingin kalian capai, jika kalian ingin menjadi seorang dokter tentu harus memiliki program studi kedokteran, akan terasa aneh dan sulit mencapai cita-cita menjadi seorang dokter jika kalian memilih program studi manajemen. Namun harus disesuaikan dengan bakat dan minat secara pribadi.
  2. Pahami Jenis Perguruan Tinggi. Memahami dari sebuah perguruan tinggi yang akan menjadi pilihan, termasuk akademi komunitas.
  3. Pahami prospek kerja/Karir ataupun studi lanjutan dari program studi pilihan.  Memilih program studi juga perlu dipikirkan prospek kerja/karir setelah menyelesaikan pendidikan tersebut, atau prospek lebih lanjut untuk menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
  4. Pastikan Perguruan Tinggi Pilihan Telah Terakreditasi. 
  5. Dapatkan informasi Detail Perguruan Tinggi.
    • Informasi Perguruan Tinggi itu sendiri, tentang status akreditasi, maupun informasi lainnya.
    • Kualitas tenaga kependidikan. Kualitas dosen akan sangat berpengaruh dalam proses transfer ilmu dan pengetahuan bagi kalian.
    • Sarana dan prasarana yang ada pada sebuah Perguruan Tinggi sebagai penunjang belajar.
    • Biaya Pendidikan. Menempuh pendidikan tentu membutuhkan biaya, dan itu harus disesuaikan dengan kemampuan. Berapa biaya semester dan apakah ada peluang untuk mendapatkan beasiswa dari Perguruan tinggi tersebut.
    • Korelasi dengan Dunia Kerja. Jika sebuah perguruan tinggi memiliki kerjasama dengan Dunia kerja, akan lebih baik dan memberikan pengalaman lebih bagi kalian
    • Unit Kegiatan Kemahasiswaan.
Pada dasarnya tips diatas kembali kepada masing-masing individu, karena semua perguruan tinggi berusaha memberikan yang terbaik bagi kemajuan pendidikan Indonesia. Namun sangat tergantung pada kalian sebagai orang yang akan belajar dan menuntut ilmu. Semangat dan kemauan untuk lebih maju sekalipun berada di sebuah Perguruan Tinggi yang terbatas. Sekalipun kalian di ajar oleh seorang profesor, namun tidak ada keinginan maka hal tersebut akan sia-sia. Semoga kesuksesan menyertai kalian semua.

Diposkan: Pada Wednesday, February 05, 2014 On Category | Artikel dapat ditemukan di google Search
Comments
0 Comments

Post a Comment