Monday, February 3, 2014

Konsep Dasar Dan Cara Kerja Personal Koputer

Baca Juga:

Konsep Dasar Dan Cara Kerja Personal KoputerBeberapa tahun yang lalu orang mengalami kesulitan untuk melakukan penghitungan matematis yang cukup rumit. Meskipun saat itu sudah ada beberapa alat bantu hitung, namun alat-alat tersebut belum cukup membantu. Lalu timbullah usaha manusia untuk menciptakan suatu alat yang dapat mengatasi hal tersebut. Dengan ditemukannya suatu komponen elektronik yang disebut transistor maka jalan untuk usaha tersebut semakin nampak. Hingga akhirnya terciptalah unit-unit komputer berukuran besar.

Seiring dengan tuntutan kebutuhan akan komputer dan diunjang oleh kemajuan teknologi komputer, orangpun mulai berpikir perlunya suatu komputer yang bersifat pribadi, yaitu komputer yang tidak terlalu besar baik ukuran fisik maupun kapasitasnya namun cukup untuk memenuhi kebutuhan perorangan akan alat bantu komputer. Lalu timbullah konsep komputer pribadi/personal (personal computer/PC).

Sebagai sebuah alat bantu, komputer pada dasarnya hanyalah mengolah data yang diterima dan memberikan hasil olahan datanya ke pengunna (user). Itu adalah bentuk sederhana dari sistem kerja komputer. Dalam kenyataannya, ada bermacam-macam bentuk data yang bisa diolah oleh komputer, mulai dari angka hingga gambar. Setelah diolah sedemikian rupa dengan bantuan perangkat lunak dan perangkat keras lainnya maka komputerpun akan mengeluarkan hasil yang bermacam-macam pula, muali dari sekedar tampilan dilayar sampai ke hasil cetakan dan lain sebagainya. Perangkat lunak pulayang membantu komunikasi antara komputer dan si pemakai. Sesuai fungsinya, ada perangkat lunak yang berfungsi sebagai sistem operasi (Operating system/OS) dan perangkat lunak yang berfungsi sebagai pengolah data atau sistem aplikasi. Tanpa adanya perangkat lunak tersebut, maka komputer bukanlah apa-apa.

PERKEMBANGAN KOMPUTER
Perkembangan komputer ditandai dengan diciptakannya mikroposesor 8080 pada tahun 1974 oleh perusahaan bernama Intel. Disusul kemudian dengan mikroprosesor 8088 dan 8086 pada tahun 1978. dengan digunakannya mikroposesor ini pada buatan IBM, dimulailah era personal komputer dengan lahirnya IBM PC-XT

Meskipun pada awalnya komputer hanya digunakan untuk kebutuhan pribadi, namun dalam perkembangannya, komputer telah melebihi dari sekedar fungsi personal komputer.

MULTIMEDIA
Multimedia merupakan penggabungan beberapa media, yaitu media gambar, suara, tulisan dan lain-lain menjadi satu kesatuan. Dengan berkembangnya teknologi di bidang multimedia ini, maka suatu informasi dapat disajikan secara lebih menarik, lengkap dan nyata.

JARINGAN KOMPUTER
Personal komputer bisa saling berhubungan dengan adanya teknologi jaringan komputer. LAN (Local Area Network) merupakan suatu jaringan komputer lokal yang memungkinkan terjadinya komunikasi antara komputer satu dengan yang lain dalam suatu area/lokal. Teknologi ini memungkinkan komputer-komputer yang terhubung saling bertukar sumber daya yang ada, baik sumberdaya perangkat keras maupun perangkat lunak dan datanya.

INTERNET
Dengan ditemukannya suatu alat yang disebut dengan modem (modulator-demodulator), yaitu alat yang mampu mengubah data digital ke analog dan sebaliknya, maka jaringan komputer tidak berhenti dalam area yang terbatas. Dengan modem yang mampu memanfaatkan saluran telekomunikasi/telepon maka seseorang dapat mengakses suatu komputer dalam jaringan melalui komputer yang berada di tempat lain atau biasa disebut dengan Remote Access (akses jarak jauh). Misalnya wsaja akan mengakses jaringan komputer di kantor dengan menggunakan komputer di rumah.

Dalam perkembangan selanjutnya timbullah ide untuk mengkomunikasikan komputer-komputer di seluruh dunia ini dalam jaringan global yang tidaka mengenal lagi batas ruang dan wilayah. Lalu lahirnya apa yang disebut dengan Internet sebagai perwujudannya. Internet memungkinkan pengguna komputer berkomunikasi dengan pengguna komputer lainnya di seluruh dunia.

Meski perkembangan komputer telah sedemikian rupa sebagaimana diuraikan di atas, namun satu hal yang harus dipertahankan dalam perkembangan tersebut adalah faktor kompatibilitas pada setiap perkembangan personal komputer tersebut. Dengan adanya kompabilitas tersebut, maka meski perkembangan dan bentuk komputer personal telah mengalami perkembangan dan perubahan sedemikian rupa, namun apa yang ada pada komputer sebelumnya tidak akan hilang begitu saja. Sebagai contoh, sistem aplikasi atau data yang disusun untuk personal komputer generasi sebelumnya tetap bisa dimanfaatkan pada generasi yang lebih baru sampai pada kondisi tertentu dimana sistem aplikasi atau data tersebut harus dikonversi ke generasi yang lebih baru.

Saat ini, komputer dan teknologi berkembang sangat pesat dengan dukungan berbagai perangkat yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para pengguna. Semakin canggih peralatan dan teknologi, namun tetap perlu disyukuri bahwa sebenarnya kita diciptakan sebagai super computer yang lebih hebat dan lebih canggih dari super komputer yang ada di dunia, serta super kompatible dengan berbagai kondisi.

Semoga bermanfaat

Diposkan: Pada Monday, February 03, 2014 On Category | Artikel dapat ditemukan di google Search
Comments
0 Comments

Post a Comment