Friday, February 21, 2014

Orang Madura Harus Bisa Bahasa Madura

Baca Juga:

Orang Madura Harus Bisa Bahasa MaduraIndonesia merupakan Negara plural dengan berbagai suku, kebudayaan serta bahasa. Keragaman yang dimiliki negeri ini yang awalnya dikenal dengan nama Nusantara merupakan suatu kekayaan dan asset negera yang perlu dipertahankan.

Suku Madura, Sunda, Batak, dan masih banyak suku lain di Indonesia memiliki kultur budaya dan bahasa yang beragam. Generasi muda, terlebih lagi yang masih berada di bangku pendidikan baik pendidikan dasar, menengah, atas maupun menempuh pendidikan tinggi harus dapat menjungjung tinggi bahasa daerah masing-masing sebagai salah satu langkah untuk melestarikan budaya bangsa.

Jika bukan putera daerah, siapa lagi yang akan melestarikan bahasa sebagai salah satu kultur budaya bangsa? Begitu pula dengan orang Madura, harus dapat mempergunakan bahasa Madura dengan baik dan benar.

Realita kehidupan masyarakat Madura secara umum, di kota maupun di pedesaan, sejak dini sudah dibiasakan melatih anak sejak dini untuk berbicara dengan mempergunakan bahasa Indonesia. Hal tersebut tentu bukan merupakan suatu yang salah, karena bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan.

Namun, jika sejak dini dan dalam kehidupan bermasyarakat (ruang lingkup keluarga), anak sudah tidak lagi diajarkan berbahasa Madura yang baik, secara tidak sengaja kebiasaan tersebut akan merusak dan menghilangkan kemampuan berbahasa Madura yang baik. Globalisasi kehidupan memang tidak terbatas dalam kehidupan Madura dan bahasa Madura. Kehidupan dan pergaulan semakin luas, berbagi kultur budaya akan menyatu, bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu menjadi pilihan komunikasi yang paling tepat.

Tapi, bagaimana dengan bahasa maddura itu sendiri? Apakah akan lenyap dan tidak lagi menjadi kebanggaan sebagai salah satu kultur budaya bangsa. Apa usaha pemerintah untuk tetap mempertahankan bahasa daerah sebagai budaya bangsa yang tetap lestari?

Jika masyaratak Madura, sunda, batak, karo, dayak, serta suku bangsa yang lain meninggalkan bahasa daerah masing-masing, sangat mungkin suatu saat bahasa daerah sudah tidak menjadi ciri khas suatu daerah. Jika bukan kita sebagai masyarakat daerah yang melestarikannya. Tentu akan sulit untuk dipertahankan. Orang Madura harus bisa berbahasa Madura.

Diposkan: Pada Friday, February 21, 2014 On Category | Artikel dapat ditemukan di google Search
Comments
0 Comments

Post a Comment