Friday, March 21, 2014

Sedikit Memahami Static dan Dinamic IP Address

Baca Juga:

Sedikit Memahami Static dan Dinamic IP Address
Jaringan komputer adalah kumpulan dari beberapa komputer. Kumpulan berarti harus lebih dari satu komputer, bisa dua, tiga, bahkan banyak komputer yang saling berhubungan antara satu dengan yang lain membentuk sebuah jaringan kerja komputer sehingga antara komputer yang terhubung dapat saling bertukar informasi dan berbagi sumber daya (Resource).

Jika dianalogikan dalam kehidupan bermasyarakat, jaringan komputer (Computer Network) adalah kehidupan bermasyarakat yang saling membutuhkan antara masing-masing elemen masyarakat. Jika dalam kehidupan bermasyarakat bekerja bersama untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan (gotong royong), maka pekerjaan tersebut akan lebih cepat diselesaikan sekalipun yang melakukan adalah orang-orang yang tidak terlalu kuat, namun karena kebersamaan itu akhirnya sesuatu yang berat dapat terselesaikan.

Begitu halnya dengan komputer, jika komputer dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi dan digabungkan dalam sebuah jaringan kerja maka dapat mengolah informasi besar layaknya super komputer dengan spesifikasi dan kemampuan luar biasa.

Nah, masing-masing komputer tersebut memiliki identitas yang berbeda dari komputer yang lain. Baik secara penamaan maupun pengalamatan sebuah komputer dalam computer network. Pengalamatan dalam jaringan komputer kalau tidak salah dikenal dengan istilah IP Address (Internet Protocol Address),

Jika kita melakukan pencarian tentang IP address, maka kita akan menemukan banyak istilah tentang IP Address, seperti public IP, private IP, static ip, dinamic ip dan mungkin masih banyak lagi istilah - istilah lainnya.

Apa yang dimaksud dengan dinamic ip serta static ip address? Kita tunggu bahasan berikutnya, karena pada tulisan ini sebagai pengantar awal mengenal Static dan Dinamic IP Address

Diposkan: Pada Friday, March 21, 2014 On Category | Artikel dapat ditemukan di google Search
Comments
0 Comments

Post a Comment