Thursday, March 6, 2014

Somber Lompang Sumber Mata Air Alami Yang Kurang Terawat

Baca Juga:

Somber Lompang
Somber Lompang: Telaga Alam Dengan Air Jernih dan Ikan - Kecil Berenang Tampak Jelas Di Dasar Telaga

Pakong sebagai salah satu kecamatan di kabupaten pamekasan merupakan daerah yang banyak menyimpan potensi alam yang belum terlalu dieksploitasi sehingga tidak banyak dikenal masyarakat secara menyuluruh khususnya masyarakat kabupaten pamekasan sendiri.

Bahkan sangat mungkin masyarakat pakong sendiri belum mengenal satu potensi alam yang terdapat di kecamatan pakong, tepatnya terletak pada daerah teritorial desa bandungan. Sebuah potensi alam sumber air alami yang begitu menyegarkan.

Lebih tepat jika disebut dengan telaga. “Sumber Lompang” begitu masyarakat sekitarnya menyebut telaga tersebut.Luas kurang lebih sekitar 16 meter persegi cukup untuk menikmati segarnya air alami dan menceburkan badan merasakan dingin dan segarnya air telaga sambil bercengkarama dengan capung serta ikan penghuni telaga tersebut.

Berada di antara hamparan padi yang sudah mulai menguning dan pohon besar tak jauh dari telaga tersebut, menambah kesegaran telaga. Pada siang dan sore hari kerap penduduk sekitar memanfaatkan telaga untuk MCK, terlebih pada hari libur beberapa anak kecil bermain dan menceburkan diri kedasar telaga yang tidak terlalu dalam.
Somber Lompang
Beberapa anak mandi sambil bermain

Mandi anak-anak di telaga tersebut tentu tidak seperti aturan mandi di kolam renang modern dan membutuhkan tiket masuk untuk dapat berenang dengan puas. Gratis cukup melangkahkan kaki menuju telaga tersebut dan menikmati kesegaran air alam sambil menikmati kicauan burung yang sudah jarang di dengarkan di daerah perkotaan.
Somber Lompang
Kondisi Sumber Mulai Rusak dan sedikit kotor

Sedikit disayangkan, sumber air alami tak lagi terawat, banyak ditemukan sampah bekas kegiatan MCK masyarakat nyangkut pada aliran sungai, serta tembok yang pernah dibangun beberapa waktu lalu terlihat ambruk. Meskipun bukan kolam renang, Sumber Lompang dapat dijadikan salah satu tempat rekreasi murah dan meriah bersama keluarga menikmati segarnya air sumber mata air alami.

Diposkan: Pada Thursday, March 06, 2014 On Category | Artikel dapat ditemukan di google Search
Comments
0 Comments

Post a Comment