Thursday, November 20, 2014

Lingkungan Belajar Sebagai Salah Satu Suksesnya Pendidikan

Baca Juga:

Halaman SMK Negeri 1 Pakong
Kesuksesan pendidikan bukan semata-mata karena adanya program pendidikan yang baik dengan metode pembelajaran yang menurut para peneliti mempergunakan kurikulum yang tepat dan sesuai. Keberhasilan pendidikan membutuhkan banyak dukungan dari berbagai pihak, baik pemerintah maupun dari masyarakat sekitar.

Institusi pendidikan bukan sekedar lembaga tempat bertemunya guru dan murid sehingga berlangsung proses belajar mengajar. Selain keinginan siswa untuk belajar didukung dengan kemampuan tenanga pengajar yang professional, dukungan masyarakat sangat memiliki peran dalam kesuksesan dunia pendidikan terlebih dukungan dari wali murid yang secara tidak langsung merupakan salah satu bagian dari dunia pendidikan itu sendiri.

Kerjasama yang baik antara pemerintah, institusi pendidikan dan masyarakat sekitar akan sangat memiliki dampak besar bagi kemajuan dan keberhasilan pendidikan. Kerjasama yang baik antara masyarakat dan institusi pendidikan akan menghasilkan lingkungan belajar yang lebih kondusif, Nyman dan aman sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan dari pemerintah, institusi pendidikan, dan masyarakat itu sendiri.

Apa jadinya jika kekompakan dan kerja sama tersebut kurang terjalin? Akan terjadi ketimpangan yang dapat menyebabkan sedikit hambatan dalam kelancaran proses pembelajaran.

Lingkungan sekolah yang kondusif bukan sekedar menjadi tanggungan pemerintah dan institusi itu sendiri. Pihak masyarakat juga memiliki andil yang cukup besar untuk menciptakan suasana lingkungan pendidikan yang kondusif demi kelancaran dan kenyamanan proses pembelajaran. Apa jadinya jika halaman sekolah becek di musim penghujan disebabkan karena terhambatnya saluran sanitasi?

Hal tersebut terjadi dilingkungan SMKN 1 Pakong. Ada beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab suasana tersebut, diantaranya pihak sekolah yang kurang memperhatikan pembangunan dan perbaikan sanitasi.

Melihat dari kodisi halaman SMK Pakong dengan posisi berada lebih rendah dari sungai disekitar lingkungan sekolah, serta tersumbatnya beberapa jalur air yang dahulunya merupakan jalur irigasi yang yang ada. Sangat mungkin pihak sekolah kurang memperhatikan masalah sanitasi. Bahkan sangat tidak mustahil jika kerja sama dari masyarakat yang kurang memberikan dukungan terhadap lingkungan sekolah yang kondusif. Menurut pengamatan penulis, dari saluran air yang berada jalan masuk menuju lingkungan sekolah sudah mengalami pendangkalan dengan sampah yang nampaknya sengaja ditumpuk dan penanaman pohon batang besar tepat di jalur air.
SMK Negeri 1 Pakong
Saluran Air Yang Ditanami Pohon Mahoni
SMK Negeri 1 Pakong
Saluran Air Yang Ditumpuki Jerami
Miris menyaksikan kondisi halaman yang tergenang air di musim hujan, dan saluran air yang mendangkal disebabkan sampai dan ditumbuhi pepohonan besar. Bagaimana tindak lanjut dari pemerintah tentang kondisi ini sehingga terjalin kerja sama yang baik antara pihak sekolah dengan masyarakat untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif. Serta apa pula kondisi anda tentang gambar-gambar yang terpublish melalui tulisan ini. Silahkan tinggalkan komentar anda pada kolom yang telah disediakan untuk saling berbagi masukan.

Diposkan: Pada Thursday, November 20, 2014 On Category | Artikel dapat ditemukan di google Search
Comments
0 Comments

Post a Comment