Friday, February 20, 2015

Selection Image Area dengan Quick Mask Mode

Baca Juga:

Selection Image Area dengan Quick Mask Mode
Sambil lalu sekedar pemberitahuan kepada siswa-siswa SMK Negeri 1 Pakong Lulusan 2014 maupun yang akan menempuh ujian nasional 2015, yang berniat melanjutkan pendidikan pada perguruan tinggi melalui program bidik misi harap segera menghubungi BP/BK SMKN 1 Pakong dan mengisi berkas yang telah disediakan, serta menyetorkan fotocopy raport semester 1 s/d semester 5 untuk melengkapi data PDSS, serta raport semester 6 bagi siswa yang lulus tahun 2014.

Pada kesempatan ini sedikit berbagi seputar desain grafis, mungkin bukan seni desain tapi lebih tepat kalau disebut editing saja. Melakukan editing gambar hitam putih menjadi warna. Aplikasi yang dipergunakan adobe photoshop cs3 dengan spesifikasi computer Intel Pentium dual core 2.0 GHz Ram 2 GB. Cukuplah dengan spesifikasi tersebut untuk sekedar melakukan editing ringan seperti ini didukung dengan LCD monitor 15”.

Persiapan awal tentu melakukan scan gambar yang akan dilakukan proses editing. Pada objek yang dipergunakan adalah scan foto pada KTP terbitan tahun 1975 (seperti tertera pada KTP). Agar hasil scan tidak terlalu pecah, maka angkat resolusi output scan menjadi 1200 dpi, untuk size menyesuaikan dengan dengan objek (Flexible).

Langkah selanjutnya klik pada gambar gembok pada layer aktif agar posisinya dapat disesuaikan, serta cropping gambar sesuai dengan ukuran yang dikehendaki. Pada gambar saya mempergunakan size 20cm dan 25cm 300 dpi untuk ukuran cetak 10R.

Nah sekerang melakukan editing pada area-area tertentu, untuk merubah warna kulit, kita harus melakukan selection pada bagian kulit saja. Untuk selection saya mempergunakan Quick Mask Mode. Untuk mengaktifkan edit in quick mask mode, klik icon pada bagian bawah window tool, atau tekan tombol Q. pergunakn brush tools untuk melakukan proses selection. Perhatian background and foreground color (pastikan pada hitam dan putih). Set foreground color pada hitam untuk melakukan selection. Kuaskan brush tool pada bagian yang akan dipilih. Keteletian dan ketelatenan dibutuhkan.

Setelah proses selection seelsai, non aktifkan quick musk mode dengan klik icon, atau tekan tombol Q. Hasil selection adalah diluar area yang tadi kita kuas dengan brush tools, untuk memilih bagian yang kita kuas tadi, pada kita harus melakukan invers selection (tekan tombol Shift+Ctrl+I).

Lakuan penyesuaian warna dengan mengatur color balance; Image – Adjustmen – Color Balance (CTRL+B). setelah menemukan warna yang sesuai, simpan gambar. Lakukan proses pada area lainnya sehingga menghasilkan gambar seperti yang diinginkan. Gambar pada posting ini sekedar sampel, hasil dari editing anda bisa jauh lebih sempurna dari yang saya hasilkan.

Diposkan: Pada Friday, February 20, 2015 On Category | Artikel dapat ditemukan di google Search
Comments
0 Comments

Post a Comment