Saturday, May 2, 2015

Ki Hajar Dewantara Pelopor Pendidikan Nasional

Baca Juga:

Ki Hajar Dewantara
Ki Hajar Dewantara merupakan sosok yang telah menjadi pelopor pendidikan bagi kaum pribumi negeri ini. Beliau adalah aktifis pergerakan Kemerdekaan Indonesia, juga seorang kolumnis, politisi.

Beliau adalah pendiri Perguruan Taman Siswa, yaitu sebuah lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para masyarakat pribumi untuk mendapatkan hak pendidikan seperti halnya para priyayi (bangsawan) ataupun orang-orang Belanda.

Tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional, kelahiran Ki Hajar Dewantara diperingati sebagai lahirnya sistem pendidikan di negeri ini, sekalipun pencetusan atau pendirian Perguruan Taman Siswa bukan pada tanggal 2 Mei, namun kelahiran beliaulah yang ditetapkan sebagai hari pendidikan.

Semboyan pendidikan yang beliau pergunakan kini sangat dikenal dikalangan pendidikan Indonesia, dan penggelan slogan tersebut menjadi slogan Kementerian Pendidikan RI yaitu, Tut Wuri Handayani. Secara utuh slogan tersebut berbunyi "ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani".

Dan seharusnya apa yang menjadi semobayan Ki Hajar Dewantara bukanlah sekedar menjadi slogan bagi para pendidik di negeri ini. Para pendidikan harus dapat memberikan contoh yang baik bagi semuanya, dapat memberikan semangat, dan memberikan dorongan.

Semoga momentum hari pendidikan nasional 02 Mei 2015, semua elemen pendidikan negeri ini baik itu pendidik, peserta didik, maupun masyarakat dapat menanamkan semboyan tersebut dan bukan sekedar menjadi slogan. Dapat memberikan contoh yang baik terutama pada generasi-generasi muda, dapat memberikan semangat dan memberikan dorongan untuk memajukan negeri ini melalui berbagai aspek yang mampu dan dapat dilakukan. Terjalin kerjasama yang baik dan utuh dari kesemuanya demi terciptanya masyarakat Indonesia yang madani, terpelajar, aman, tentram dan sejahtera. Selamat Hari Pendidikan Nasional.

Diposkan: Pada Saturday, May 02, 2015 On Category | Artikel dapat ditemukan di google Search
Comments
0 Comments

Post a Comment