Thursday, January 21, 2016

Merawat Komputer adalah Sebagian Dari Iman

Baca Juga:

Merawat Komputer adalah Sebagian Dari Iman
Merawat Komputer adalah Sebagian Dari Iman

Dalam sebuah dalil dikatakan bahwa "Kebersihan Sebagian Dari Iman". Jika diterjemahkan dalam kehidupan keseharian, tolak ukur keimanan dapat dilihat dan dinilai dari tingkat kebersihan dan kemampuan kita menjaga kebersihan. Kebersihan pakaian, kebersihan tempat, kebersihan lingkungan, dan tentu saja kebersihan diri atau badan kita.

Ciri orang yang beriman tentu akan selalu tampil bersih, rapi, serta selalu menjaga kebersihan. Jika lingkungan yang tidak terawat kemungkinan lingkungan tersebut ditempati orang yang kurang beriman, atau paling tidak belum menyadari akan dalil yang diatas.

Menjaga kebersihan agar selalu bersih dapat dijadikan sebagai tolak ukur tentang keimanan kita. Menjaga kebersihan diri, kebersihan pakaian, kebersihan tempat, serta kebersihan peralatan yang kita gunakan.

Keterkaitan materi pembelajaran SMK Teknik Komputer dan Jaringan pada salah satu kompetensi dasar yaitu melukan perawatan PC dan Periferal. Inti dari kompetensi dasar tersebut adalah merawat serta menjaga kebersihan. Didalam badan yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula.

Bagaimana jika kita melihat perangkat komputer yang tidak terawat, perangkat pendukung yang lain seperti printer, mouse, keyboard, bahkan tempat kerja yang tidak bersih. Banyak debu serta sampah yang berserakan.

Jika hal tersebut terjadi, tentu semangat kerja kita akan menurun, bahkan sangat mungkin kita akan enggan untuk memanfaatkan peralatan komputer dan pendukungnya yang tidak terawat dan penuh debu tersebut.

Untuk meningkatkan semangat kerja (belajar) tentu kita harus menjaga kebersihan peralatan tersebut agar tidak ada debu yang menempel. Paling tidak kita harus menerapkan kosa kata "Kebersihan Sebagian dari Eman". Mungkin kita belum mampu untuk memahami bahwa kebersihan itu sebagian dari iman, tapi tidak mengapa jika kita menjaga kebersihan peralatan karena kita eman agar peralatan tersebut tidak cepat rusak dan dapat terus membantu kegiatan kita untuk jangka waktu yang lama.

Selain menurunkan semangat kerja, kebersihan peralatan juga berpengaruh pada performance dari peralatan tersebut. Debu yang banyak menempel dapat mengakibatkan panas yang lebih dibandingkan dengan peralatan pada kondisi bersih. Debu yang menempel karena tidak dibersihkan dalam kurun waktu yang cukup lama, akan menghambat panas yang akan keluar dari peralatan tersebut, sehingga menimbulkan panas yang meningkat. Panas yang meningkat dari batas normal biasanya akan menurunkan performance (kinerna) perangkat tersebut.

Menjaga kebersihan peralatan dalam materi pembelajaran Perawatan PC dan Periferal merupakan salah satu aspek materi pembelajaran dengan menanamkan nilai karakter, Nilai keimanan. Melalui materi pembelajaran membersihkan perangkat komputer dan periferal merupakan kegiatan yang menunjukkan nilai keimanan untuk menjaga kebersihan seperti yang disebutkan dalam sebuah dali "Kebersihan Sebagian dari Iman".

Tulisan ini hanyalah sekedar tulisan yang mengalir begitu saja setelah memperlajari modul Kompetensi Dasar Melakukan Pewatan PC dan Periferal.

Diposkan: Pada Thursday, January 21, 2016 On Category | Artikel dapat ditemukan di google Search
Comments
0 Comments

Post a Comment