Thursday, March 3, 2016

Sinkronisasi KAP dan PIN Bidikmisi Pada SNMPTN 2016

Baca Juga:

Sinkronisasi KAP dan PIN Bidikmisi Pada SNMPTN 2016

Sekitar 9 hari kedepan pendaftaran SNMPTN 2016 akan segera ditutup secara otomatis oleh sistem pendaftaran, sehingga calon peserta tidak lagi melakukan pendaftaran ataupun melakukan perubahan pendaftaran SNMPTN yang sudah dilakukan. Peserta SNMPTN murni ataupun calon penerima beasiswa bidikmisi harap segera melakukan proses pendaftaran untuk menghindari antrian. Penundaan untuk melakukan pendaftaran akan mengakibatkan kegagalan untuk mendapatkan kesempatan masuk perguruan tinggi melalui seleksi SNMPTN.

Terlepas dari pelaksanaan pendaftaran, bagi calon penerima beasiswa bidikmisi yang akan menempuh jalur seleksi SNMPTN, perlu diperhatikan penggunaan PIN dan KAP bidikmisi pada laman SNMPTN sebelum melakukan finalisasi pendaftaran, pada proses pencetakan kartu peserta SNMPTN pada tanggal 22 Maret mendatang perlu diperhatikan bahwa tertera peserta bidikmisi.

Bidikmisi dan SNMPTN merupakan sesuatu yang berbeda. Masih ada anggapan yang perlu diluruskan tentang bidikmisi dan SNMPTN.

Bidikmisi adalah subsidi beaya pendidikan dan bukan jalur seleksi masuk perguruan tinggi. Meskipun telah menyelesaikan proses entri data serta melengkapi semua berkas yang dibutuhkan pada laman bidikmisi, bukan berarti sudah selesai proses pendaftaran seleksi. Pada laman bidikmisi pengisian data ibaratkan penyusunan proposal untuk mendapatkan beasiswa pendidikan tersebut, sementara jalur seleksi harus mengikuti proses yang ada, yaitu melalui jalur SNMPTN yang dibuka mulai 29 Februari s.d 12 Maret 2016, atau dapat menempuh jalur seleksi SBMPTN (tes tulis) pada tanggal 31 Mei 2016 bersamaan dengan proses verifikasi atau daftar ulang pada masing-masing PTN bagi yang lulus seleksi SNMPTN.

Bagaimana untuk melakukan sinkronisasi PIN dan KAP bidikmisi pada web SNMPTN 2016?????

Langkah pertama mengisi semua data pada laman bidikmisi dan melengkapi semua berkas yang dibutuhkan seperti SKTM (surat keterangan tidak mampu), foto pribadi, foto keluarga, foto rumah, foto ruangan rumah, informasi Bantuan Pemerintah yang diperoleh, dan selanjutnya untuk masuk pada menu seleksi dan mendapatkan PIN dan KAP seperti gambar berikut:
KAP dan PIN bidikmisi
Langkah selanjutnya adalah menyelesaikan pendaftaran SNMPTN dengan memilih Perguruan Tinggi dan Program Studi yang diinginkan. Masing-masing peserta dapat memilih maksimal 2 Perguruan Tinggi dan 3 Program Studi. Selanjutnya adalah melengkapi formulir data siswa, Biaya pendidikan disekolah, Data orang tua, dan mengunggah foto close up berwarna dan berpakaian rapi. Jika semua proses pengisian formulir dilakukan, selanjutnay adalah verifikasi KAP dan PIN Bidikmisi.

Masuk pada tab bidikmisi yang ada pada bagian atas laman. Masukkan KAP dan PIN seperti yang didapat pada laman bidikmisi, dan tekan tombol verifikasi.Jika selesai melaukan verifikasi akan tampil sebagai berikut:
Status Bidikmisi
Langkah selanjutnya melakukan finalisasi pendaftaran.Finalisasi pendftaran dilakukan apabila tidak akan ada perubahan pilihan perguruan tinggi dan program studi, serta data yang diisikan sudah benar-benar dilakukan pengecekan terlebih dahulu.

Demikian langkah-langkah untuk melakukan sinkronisasi KAP dan PIN bidikmisi pada laman SNNMPTN. Semoga bermanfaat dan terkabul apa yang menjadi cita-cita siswa-siswi SMKN 1 Pakong untuk menggapai mimpi dan menyongsong masa depan yang lebih baik melalui pendidikan. Terus maju dan belajar demi kesuksesan dan masa depan yang cerah.

Diposkan: Pada Thursday, March 03, 2016 On Category | Artikel dapat ditemukan di google Search
Comments
0 Comments

Post a Comment