Tuesday, January 3, 2017

Siswa Dapat Cek Rapor Secara Online

Baca Juga:

e-Rapor SMKN 1 Pakong
Guna memberikan layanan yang lebih baik dan mudah tentu dengan dukungan Informasi Teknologi (IT) yang terus berkembang saat ini dan banyak digunakan oleh hampir seluruh lapisan masyarakat dengan hadirnya telepon pintar (smartphone) dengan teknologi yang semakin terbarukan dan tentu harga yang semakin terjangkau. Hal ini terbukti semakin banyak orang yang mempergunakan telepon pintar untuk menjalin komunikasi yang lebih konsisten dan mendapatkan informasi yang up to date.

Untuk memberikan kemudahan bagi seluruh elemen pada lembaga pendidikan SMK Negeri 1 Pakong beberapa waktu lalu (semester ganjil) telah launching aplikasi online yang disebut dengan e-Rapor SMK. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan akses bagi guru dalam mengisi rapor, serta mempermudah kerja wali kelas dalam penulisan raport, selain itu juga memberikan akses yang lebih cepat bagi siswa dan wali siswa tentunya karena dapat diakses secara online, bahkan untuk nilai harian sekalipun.

Untuk kelancaran pemanfaatan aplikasi tersebut sangat tergantung dari kerjasama dari seluruh pihak terutama guru pengajar dan wali kelas dalam melakukan manajemen aplikasi tersebut secara individu, dalam artian setiap guru pengajar melakukan update sistem penilaian yang dilakukan dan melakukan entri pada aplikasi yang telah dapat dipergunakan dan diakses secara online.

Tentu bukan merupakan hal yang sulit untuk melakukan update informasi hasil penilaian proses pembelajaran baik Ulangan Harian, Penilaian tugas-tugas, penilaian tengah semester maupun akhir semester sehingga progres dari masing-masing siswa dapat langsung dipantau oleh siswa yang bersangkutan.

Bagaimana cara siswa mengakses aplikasi tersebut untuk melihat hasil belajar (nilai) yang mereka peroleh?

Masing-masing siswa dapat mengakses langsung secara online melalui telepon pintar ataupun perangkat komputer lainnya yang terhubung dengan internet, kemudian melakukan login dengan mempergunakan NISN sebagai user name dan pasword yang dapat diperoleh melalui informasi di sekolah (sengaja tidak diinformasi melalui blog ini demi keamanan).

Dengan mengakses e-Rapor SMK siswa dapat mengetahui secara langsung setelah mengikuti proses pembelajaran, dan apabila diperlukan remedial siswa dapat langsung mengetahui dari hasil penilaian yang dapat diketahui dan menghubungi guru pengajar untuk melakukan remedial atau perbaikan nilai.

Semoga dengan aplikasi tersebut dapat terjalin komunikasi yang lebih baik antara guru dan siswa, guru dengan sekolah, siswa dengan sekolah dan komunikasi yang baik pula dengan semua elemen lembaga SMK Negeri 1 Pakong dengan kebaikan bersama dan tercapainya cita-cita mutu pendidikan yang lebih baik.

Diposkan: Pada Tuesday, January 03, 2017 On Category | Artikel dapat ditemukan di google Search
Comments
0 Comments

Post a Comment