Thursday, June 8, 2017

Tata Cara PPDB Online SMK/SMK Provinsi Jatim 2017-2018

Baca Juga:

PPDB Online SMA/SMK Prov Jatim
Tahun ajaran baru 2017-2018 sebentar lagi akan memulai lembaran baru sehingga proses KBM akan segera berlangsung pada lembaran baru tahun pelajaran 2017-2018. Seiring perkembangan waktu dan mempermudah sistem dengan memanfaatkan teknologi informatika, pelaksanaan PPDB untuk tahun pelajaran 2017-2018 merilis aplikasi PPDB online. Tentu hal tersebut akan mempermudah, namun tak ayal hal tersebut akan semakin mempersulit bagi beberapa kalangan.

Pada kesempatan kali sedikit memberikan tata cara pelaksanaan PPDB Online Provinsi jatim khususnya untuk daerah pakong dan sekitarnya. Memang agak ribet awalnya, namun jika kita melaksanakan dan mempergunakan sistem ini dengan baik, Insya Allah akan didapatkan kemudahan dan manfaat dari dirilis dan dikembangkannya sistem PPDB online Jatim. Terus langkah-langkahnya bagaimana untuk melakukan pendaftaran online, khususnya bagi siswa-siswi SLTP sederajat lulusan tahun 2017 yang akan melanjutkan pada jenjang SMA ataupun SMK? Oke pada kesempatan kali ini semoga dapat memberikan manfaat bagi yang akan melakukan pendaftaran SMA/SMK sejawa timur, khususnya bagi siswa/siswi yang berada dilinkungan Pakong dan sekitarnya.

Langkah Pertama. Pendaftar harus melakukan request PIN/TOKEN PPDB untuk dapat melakukan pendaftaran online. PIN/TOKEN dapat diperoleh secara online dan dapat dilakukan 24 jam secara online melalui laman http://ppdbjatim.net per tanggal 5-22 Juni 2016. Nah bagaimana cara mendapatkan token tersebut? Silahkan bukan laman yang dimaksud, kemudian pilih Kota/Kabupaten tempat sekolah pilihan pertama berada seperti gambar dibawah ini (Kabupaten Pamekasan)
PPDB Online pilih kota/kabupaten
Langkah selanjutnya klik tombol menu pada pojok kanan atas dan pilih ambil PIN Lulusan Jatim 2017 seperti gambar berikut
PPDB Online Ambil PIN
Untuk siswa/siswa SMP/MTS lulusan tahun 2017 mempersiapkan Kartu Peserta UN dan Kartu Keluarga, kelengkapan tersebut dibawa pada SMA/SMK atau atau cabang dinas terdekat untuk dilakukan validasi data pada lokasi pengambilan yang didatangi, kemudian siswa akan mendapatkan PIN untuk melakukan pendaftaran Online yang akan dibuka sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Untuk lulusan lainya, maka pada menu ambil pin pilih lulusan lainnya, dan isi format isian seperti gambar berikut :
PPDB Online ambil PIN Lulusan Lainnya
Isi data lengkap sesuai dengan isian yang tersedia, diantaranya No Peserta UN, Nama Lengkap, Asal Sekolah, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Orang Tua, Jenis Kelamin, Alamat, dan beri tanda ceklist pada saya bukan robot. Permasalahan yang mungkin saja ditemukan adalah Tidak adanya dokumen No Peserta Ujian Nasional karena banyak faktor yang menyebabkan diantaranya hilangnya dokumen tersebut beberapa waktu yang lalu. Bagaimana solusinya? Bagi siswa lulusan tahun 2016, 2015. Saya pikir dengan mempergunakan NIK dapat dijadikan sebagai pengganti nomor ujian nasional, jadikan NIK menjadi 14 digit angka sesuai yang diminta sistem. Sementara untuk lulusan luar jatim, atau KK diluar jatim dan Kejar Paket B, no peserta masih tersimpan rapi jika baru saja mengikuti ujian nasional.

Jika semua data sudah diisi dengan lengkap sesuai dokumen yang akan ditunjukkan pada proses validasi, klik tombol selanjutnya untuk melanjutkan. Selanjutnya adalah mengisi daftar nilai ujian nasional yang dapat diperoleh dari SKHUN atau SKHU sementara yang dilengkapi dengan daftar nilai ujian nasional.
PPDB Online Nilai UN
Tekan tombol selanjutnya untuk melanjutkan, dan masuk pada halaman konfirmasi data. Halaman ini sebagai konfirmasi bahwa semua data sudah diisikan dengan benar, jika ada perubahan klik tombol kembali, atau klik tombol konfirmasi data jika semua data sudah benar.
PPDB Online Konfirmasi Data
Jika semua data sudah dikonfirmasikan, dan Pendaftaran PIN, maka akan keluar halaman seperti berikut
PPDB Online Pendaftaran PIN Berhasil
Sampai pada langkah ini proses awal sudah selesai, langkah selanjutnya adalah mendatangi SMA/SMK terdekat dengan membawa dokumen yang dijadikan acuan pengisian online untuk mendapatkan PIN/TOKEN yang akan dipergunakan pada pendaftaran online.

Untuk Pihak sekolah SMA/SMK yang akan melakukan verifikasi data, langkah-langkahnya Insya Allah akan dipublish pada postingan berikutnya. Semoga langkah-langkah diatas dapat membantu bagi para siswa yang akan melakukan pendaftaran SMA/SMK Provinsi Jawa Timur Tahun Pelajaran 2017/2018

Diposkan: Pada Thursday, June 08, 2017 On Category | Artikel dapat ditemukan di google Search
Comments
0 Comments

Post a Comment